Seri Dari Swedia, Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu hampir 60 tahun terakhir, Italia harus absen dari Piala Dunia. Bermain imbang tanpa gol melawan timnas Swedia hari Selasa (14/11) dini hari, Italia dipastikan tersisih dari Piala Dunia 2018. Menjamu Swedia di kandang yakni stadion San Siro, tak lolosnya Italia ke Rusia ini karena kalah agregat 0-1.

 

Jalannya pertandingan, Gli Azzuri sempat meminta penalti pada menit kedelapan saat Marco Parolo dijatuhkan oleh Ludwig Augustinsson tetapi wasit tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Tak mau kalah, Swedia juga meminta penalti karena Matteo Darmian dianggap melakukan handball yang juga berujung penolakan oleh wasit. Ciro Immobile sempat melakukan tembakan dari sudut sempit di menit ke-16 meskipun cuma mengenai sisi luar jala gawang. Bahkan Antonio Candreva memiliki peluang emas pada menit ke-28 saat berdiri bebas di kotak penalti Swedia tetapi malang tembakannya melambung.

 

Pada menit ke-40, Immobile nyaris saja melakukan gol saat berhadapan langsung dengan kiper Robin Olsen dan melakukan tendangan mantap, tapi malah dihantam balik oleh Andreas Grangvist. Di menit akhir babak pertama, Alessandro Florenzi sempat punya peluang tapi Olsen masih terlalu kokoh. Pada awal babak kedua, Florenzi menyambut umpan silang Darmian dengan tendangan ke arah gawang yang masih melenceng. Merasa buntu, Ventura pun menarik Darmian dan Gabbiadini yang digantikan oleh Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti. Memiliki peluang di menit ke-83 dan 87 oleh sundulan Parolo, tembakan mendatar Belotti hingga tembakan voli El Shaarawy, pertahanan Olsen masih sangat luar biasa yang membuat skor berakhir 0-0.

 

Akhir Karier Tragis Untuk Gianluigi Buffon

 

Tak lolosnya Italia ke Rusia memang membuat rencana sang kiper sekaligus kapten Gli Azzurri, Gianluigi Buffon hancur. Buffon sebetulnya ingin pensiun usai bermain di Piala Dunia 2018 yang memang jadi kali keenam bermain di turnamen sepakbola sejagat itu. Kiper berusia 39 tahun itu memulai debut Piala Dunia di usia 20 tahun pada tahun 1998. Dia bahkan ke puncak prestasi saat Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 di Jerman.

 

Bisa pensiun usai tampil di Piala Dunia memang jadi penutup karier manis dewa poker bagi Buffon. Tapi bermain seri melawan Swedia harus membuat Buffon cuma jadi penonton. Diapun akhirnya menangis. “Sangat disayangkan pertandingan resmi terakhir saya bertepatan dengan kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia,” seperti dilansir Detik Sport.

 

Kesombongan Ventura Yang Berujung Derita

 

Memegang gelar juara Piala Dunia empat kali, nasib Italia memang sungguh ironis. Tak heran kalau sosok Ventura dituding paling bertanggung jawab. Selama babak penyisihan, Italia memang harus melewati play-off bersama Swedia karena cuma jadi runner-up Grup G di bawah Spanyol. Sebelum leg pertama melawan Swedia, Ventura memang begitu optimis akan peluang Italia lolos ke Rusia. Namun rasa percaya diri yang kelewat berlebihan itu membuat Ventura kini jadi target cacian.

 

Pendukung Italia jelas sudah khawatir karena banyaknya keputusan membingungkan Ventura. Sebut saja saat Italia kalah 0-1 dari Swedia, dia memasukkan Lorenzo Insigne di posisi gelandang, bukannya penyerang yang membuat pemain Napoli itu galau sendiri. Hingga akhirnya di laga pamungkas, Ventura justru mencadangkan Insigne dan Daniele De Rossi. Hanya saja kendati gagal membawa Italia lolos, pelatih yang direkrut musim panas 2016 itu menolak untuk mundur. Dia cuma meminta maaf dan membiarkan publik Italia menangis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *