11 Hari Tayang, ‘MATA BATIN’ Mendekati 700 Ribu Penonton

Tahun 2017 bisa dibilang sebagai tahunnya film horor Indonesia. Dibuka oleh DANUR: I CAN SEE GHOSTS yang rilis pada Maret 2017, film hantu Tanah Air menguasai penuh jaringan bioskop lokal. Dengan PENGABDI SETAN yang sukses mengkudeta WARKOP DKI REBORN 2 sebagai film terlaris 2017, penonton film Indonesia sepertinya menikmati betul ditakut-takuti.

 

Dan akhirnya pada akhir bulan November 2017, ada dua film horor yang begitu dinantikan rilis yakni KELUARGA TAK KASAT MATA (KTKM) dan MATA BATIN. KTKM yang tayang lebih dulu pada 23 November mengangkat kisah berdasar pengalaman nyata Genta yang membagikan ceritanya di forum Kaskus pada 2016 silam. Satu minggu usai perilisan KTKM, giliran MATA BATIN menginvasi jaringan bioskop.

 

Tak butuh waktu lama bagi MATA BATIN untuk mengejar jumlah penonton KTKM kendati ada film blockbuster superhero DC, JUSTICE LEAGUE tayang. Bahkan dalam data filmindonesia.or.id terbaru, penonton MATA BATIN sudah menembus angka 681.505 penonton dalam kurun waktu 11 hari. Sementara itu KTKM harus rela tertinggal dengan jumlah 632.666 penonton di hari ke-18 perilisan.

 

Tuah Positif Hitmaker Studios

 

Keberadaan PENGABDI SETAN yang mampu sukses luar biasa secara kualitas dengan banyaknya penghargaan yang diraih dan rekor jumlah penonton fantastis, memang membuat standar film horor Indonesia meningkat jauh. Beruntung, MATA BATIN digarap dengan lebih serius dan rapi daripada horor Indonesia pada umumnya yang kerap cuma pasang musik poker uang asli menegangkan demi menakut-nakuti penonton.

 

Filmnya sendiri mengusung kisah kakak-beradik Alia (Jessica Mila) dan Abel (Bianca Hello) yang memutuskan tinggal di rumah warisan mendiang orangtua mereka. Abel yang memang mampu melihat makhluk ashtral sejak kecil pun mengalami banyak gangguan di rumah itu. Sebaliknya, Alia selalu menolak seluruh pengakuan Abel. Hingga akhirnya Alia sendiri mengalami gangguan mengerikan dan membuatnya memutuskan membuka mata batin lewat bantuan paranormal bu Windu (Citra Prima).

 

Menggaet Rocky Suraya sebagai sutradara yang sempat sukses dengan THE DOLL 2, MATA BATIN sepertinya melanjutkan kegemilangan Hitmaker Studios sebagai PH yang identik dengan film-film horor. Berbeda dengan THE DOLL 2 yang erat akan adegan sadis, MATA BATIN dijamin bisa menakuti tanpa kesadisan. Meskipun begitu baik THE DOLL 2 dan MATA BATIN memiliki kemiripan visual yang sangat dipengaruhi film horor karya sutradara Hollywood James Wan seperti THE CONJURING dan ANNABELLE. Sebelum merilis MATA BATIN, Hitmaker sudah menghasilkan enam film horor modern yang juga tak kalah mencekam.

 

Bakal Masuk 10  Besar Film Terlaris 2017?

 

Kendati merupakan film horor pertama Jessica yang identik sebagai pesinetron, MATA BATIN mampu mencetak kesuksesan di tangga box office. Kini berada di peringkat ke-13 dalam daftar 15 film terlaris tahun 2017, banyak yang menduga kalau MATA BATIN mampu merangsek hingga posisi 10 besar. Jika memang itu yang diincar, maka hadangan hanya tersisa tiga dari DEAR NATHAN, SURAT KECIL UNTUK TUHAN dan INSYA ALLAH SAH.

 

Ketiga film yang sudah dirilis itu masing-masing meraih penonton sebanyak 700.165, 715.361 dan 833.010. Meskipun cukup berat hingga adanya ancaman STAR WARS: THE LAST JEDI yang tayang serentak di seluruh dunia pada Rabu (13/12) esok, MATA BATIN masih memiliki peluang besar untuk menjadi kuda hitam. Hal ini terlihat dari masih banyaknya penggemar film horor lokal Tanah Air yang mungkin tidak tertarik dengan franchise legendaris Star Wars.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *