Guillermo del Toro dan Angelina Jolie Tak Senasib di Golden Globes 2018

Ajang Golden Globe yang menjadi pusat perhatian para pecinta film dunia dihelat pada hari Minggu, 7 Januari 2018 kemarin. Pasalnya ada beberapa film, sutradara, aktris dan aktor yang bersenang hati karena berhasil membawa pulang penghargaan. Namun ada beberapa yang tidak. Salah satunya yang berhasil adalah sutradara Guillermo del Toro dan juga Angelina Jolie.

Guillermo del Toro Raih Sutradara Terbaik

Kabar baik datang dari Del Toro yang berhasil meraih piala Golden Globes 2018 setelah berhasil juga menyingkirkan sejumlah nama sutradara besar di dunia misalnya Christoper Nolan dan juga Steven Spielberg. Ini adalah piala pertamanya Del Toro pada ajang Golden Globe.

Del Toro sendiri memenangkan Golden Globe untuk kategori Sutradara Film Terbaik karena ia sudah bekerja keras di film The Shape of Water. Ia mengandaskan empat nominasi lainnya yaitu Christoper Nolan (Dunkirk), Martin McDonagh (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Steven Spielberg (The Post), dan Ridley Scott (All The Money in The World).

Sutradara asli Meksiko tersebut mengaku keberhasilannya yang ia raih itu juga berkat pemain-pemain film The Shape of Water yang mana dibintangi oleh Michael Shannon, Sally Hawkins, Doug Jones, dan Richard Jenkisn.

“Saya tak bisa berada di sini jika tak ada para pemain saya yang sangat luar biasa. Terimakasih banyak untuk semuanya,” ungkap Del Toro saat menyampaikan pidato kemenangannya di atas pentas The Beverly Hilton, California, Minggu, 7 Januari 2018 malam waktu setempat.

Kritikus-kritikus film banyak menyebutkan bahwa The Shape of Water adalah film terbaik yang diterlurkan oleh Guillermo del Toro sejak Pan’s Labyrinth yang dirilis pada tahun 2006. The Shape of Water sendiri adalah film dengan genre fantasi poker online dan berlatar belakang di Baltimore pada tahun 1962. Film ini memiliki kisah tentang penjaga bisu yang ada di laboratorium pemerintah dan ia jatuh cinta dengan makluk amfibi. Selain meraih sutradara Terbaik, film ini juga masuk ke dalam 6 nominasi lainnya pada ajang ini.

Angelina Jolie Tak Bawa Pulang Piala

apa yang diraih Del Toro sayangnya tidak dialami oleh Angelina Jolie. Film arahannya, yakni First They Killed My Father sayangnya kandas membawa pulang piala pada kategori Film Terbaik Bahasa Asing. Film yang mana mewakili Kamboja tersebut terpaksa harus kalah dari film besutan Jerman, In The Fade. Bukan hanya film arahannya saja yang kalah, akan tetapi The Square (Perancis/Jerman/Swedia), A Fantastic Woman (Chili) dan juga Loveless (Rusia) dikalahkan oleh In The Fade.

In The Fade sendiri adalah film drama Jerman yang juga memiliki kerjasama denganP Perancis. Film yang berbahasa Jerman ini memiliki kisah soal neo-Nazi.

Selain pada ajang Golden Globe 2018, In The Fade pun mewakili Jerman dalam ajang Academy Awards ke-90. Film ini pasalnya masih melaju bersama-sama dengan delapan film yang lainnya termasuk juga A Fantastic Woman, The Square dan Loveless. Mereka memperebutkan Piala Oscar 2018 yang mana termasuk dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Sedangkan film garapan Jolie, First They Killed My Father ini bercerita tentang kekacauan yang terjadi di Kamboja ketika dikuasai oleh rezim Khmer Merah saat itu ada kurang lebih 2 juta orang yang meninggal dunia. Jolie pun ikut menulis skenarionya bersama dengan Loung Ung dan menyoroti genoside yang dilakukan oleh Rezim Khmer Merah antara tahun 1975 dan 1979 dengan sudut pandang anak asli Kamboja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *